Berikut ini kami sajikan sebuah contoh RPL yang standar pada saat saya masih ada di bangku S.1
RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Satuan pendidikan : SMA N 1
Dua Koto ( Pasaman )
Kelas
: X
Semester
: I ( Satu )
Waktu
: 45 Menit
Tugas Perkembangan :
Mengembangkan dan menguasai kemampuan intelektual dalam
meminagewaktu dalam konteks membagi waktu beraktivitas, yang memprioritaskan
proses pembelajaran.
1.
|
Topik Permasalahan/ Bahasan
|
Manajemen Waktu
|
2.
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Belajar
|
3.
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
4.
|
Format Layanan
|
Klasikal
|
5.
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, pengembangan
|
6.
|
Tujuan/ hasil yang ingin dicapai
|
· Siswa memahami
pentingnya meminage waktu.
· Siwa bisa mengembangkan
dan menerapkan bagaimana memanajemen waktu dalam beraktifitas dan
pembelajaran.
|
7.
|
Sasaran
|
Siswa kelas X
|
8.
|
Materi Layanan
|
· Terlampir di ( rachmadariyo.blogspot.com )
|
9.
|
Uraian kegiatan
|
1. Pendahuluan
· Salam/ do’a
· Mengambil absen oleh
guru pembimbing : 5 menit
· Suasana kejadian
(warming up) oleh GP : 5 menit
2. Inti :
· Penyampaian materi
secara umum serta menyarankan membuka situs blog guru pembimbing untuk
membaca dan memahami bahasan materi : 15 menit
· Diskusi dan pemberian
tugas : 15 menit
3. Penutup
· Salam/ do’a oleh GP : 5
menit
|
10.
|
Metode
|
· Ceramah
· Membaca mandiri di situs
blog
· Diskusi dan tugas
|
12.
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing/ Konselor Sekolah
|
13.
|
Media/ Sumber
|
Blog, Modul pelayanan BK,
|
14.
|
Pihak terkait
|
-
|
15.
|
Rencana Penilaian
|
Penilaian hasil
· Laiseg : melihat
pemahamn siswa dari materi yang telah disampaikan
· Laijapen : adanya
perubahan dari diri siswa setelah mendapatkan informasi tentang manajemen
waktu
· Laijapang : siswa
dapatmeminage waktu dan jadwal belajar serta aktifitas dengan efektif
|
16.
|
Keterkaitan dengan kegiatan pendukung
|
-
|
17.
|
Catatan
|
-
|
Pasaman, Juli 2016
Mengetahui,
Kepala
sekolah Guru BK
( Drs. Nama
Kepala Sekolah ) ( RACHMAD
ARIYO, S.Pd )
NIP : xxxxxxxxx NPM : 09060210
No comments:
Post a Comment